Mengenal Karakteristik Dan Jenis Ayam Brahma Asal India

Mengenal Karakteristik Dan Jenis-Jenis Ayam Brahma Asal India
Mengenal Karakteristik Dan Jenis-Jenis Ayam Brahma Asal India

Sabung Ayam Online –┬áMengenal Karakteristik Dan Jenis Ayam Brahma Asal India. Ayam brahma merupakan salah satu dari sekian banyak ayam hias yang ada di Indonesia. Jenis ayam ini memiliki di seluruh bagian tubuhnya hingga ujung kaki sekalipun. Di Indonesia sendiri jenis ayam ini cukup populer di kalangan penghobi ayam hias, sehingga banyak para kolektor ayam hias yang memburu ayam brahma ini yang hanya dijadikan sebagai hiasan mupun untuk diternakan.

Karakteristik Ayam Brahma Asal India

Ayam brahma berasal dari India. Nama ayam brahma sendiri diambil dari nama tempat yang ada di India, yaitu Brahmaputra. Ayam ini memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar.

Ayam ini mempunyai keunikan pada tubuhnya yakni tebal hingga dapat menutupi kakinya serta mempunyai tubuh seperti huruf V. Postur tubuh ayam brahma dapat dikatakan jumbo karena ayam brahma mempunyai tubuh yang besar. Saat ini umumnya di wilayah Indonesia, ayam brahma ini dijadikan sebagai ayam petelur.

Namun di wilayah aslinya, ayam brahma banyak dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, sebab jenis ayam ini memiliki kandungan daging dan lemak yang tinggi. Di India jenis ayam ini terkenal dengan aroma dan kelezatannya. Jenis ayam ini sangat populer dijadikan sebagai santapan di restoran-restoran di India.

Jika dibandingkan dengan ayam jenis lainnya, di Indonesia sendiri untuk saat ini bisa dibilang masih jarang para peternak yang membudidayakan ayam ini. Kemungkinan untuk wilayah Indonesia banyak orang atau kolektor yang membudidayakan jenis ayam ini untuk dijadikan sebagai ayam hias.

Walaupun tampaknya harga ayam brahma ini terbilang masih tinggi namun tidak menyurutkan para penghobi ayam brahma untuk memelihara ayamnya. Dan sebagian besar biasanya penghobi berasal dari kalangan menengah keatas.

Jenis-Jenis Ayam Brahma

Jenis ayam Brahma dapat dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan warna bulunya. Berikut ini merupakan jenis-jenis ayam brahma asal India.

1. Columbian Light

Jenis Colombian Light ini merupakan jenis ayam klasik, sebab jenis ini mempunyai perpaduan warna bulu dasar putih dengan bintik-bintik hitam. Jenis ayam ini juga tergolong dalam jenis ayam yang bersih.

2. Light Brahma

Ayam jenis ini pada dasarnya hampir sama dengan jenis ayam columbian. Namun yang menjadi perbedaan dengan jeni ini, Light Brahma sedikit lebih kotor.

3. Dark Brahma

Pada jenis ayam ini merupakan jenis ayam yang mempunyai perpaduan warna bulu dasar hitam dengan kuning pada lehernya. Karena jenis ayam ini memiliki dominan warna hitam, maka dari itu jenis ayam ini sering dijuluki sebagai ayam dark atau gelap.

4. Isabel

Jenis ayam ini merupakan jenis ayam yang terbilang sangat langka di Indonesia. Jenis ayam ini memiliki bulu berwarna abu-abu cerah dengan perpaduan kuning.

5. Salmon

Ayam jenis Brahma Salmon atau Salmon Brahma memiliki perpaduan warna bulu hitam yang berpadu dengan warna merah.

6. Blue Brahma

Mungkin untuk pertama kalinya kita yang mendengar kata blue yang pasti sangat identik dengan warna biru. Namun sangat berbeda dalam jenis ayam hias, karena pada dasarnya warna blue siring disebut pada ayam hias yang memiliki warna bulu dengan abu-abu.

Simak Juga : Melihat Kelebihan Ayam Aduan Babon Unggul dan Babon Cetak

Pemberian Pakan Ayam Brahma

Pakan adalah komponen utama dalam dunia peternakan, dengan tersedianya pakan yang berkualitas maka pertumbuhan ayam pun akan menjadi optimal. Jenis pakan yang diberikan pada yam juga harus diperhatikan komponen gizi serta vitamin yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut bertujuan agar ayam tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.

Jenis pakan ayam brahma dapat ditemukan dengan mudah. Seperti halnya beternak ayam jenis lainnya, pola pembeberian pakan ayam brahma berbeda-beda tergantung usianya. Berikut ini merupakan jenis-jenis pakan ayam brahma.

  • Dedak
  • Bekatul
  • Beras Merah
  • Voer/BR
  • Jagung Giling
  • Jenis kacang-kacangan

Selain biji-bijian, ayam brahma juga dapat diberikan pakan berupa sayur-sayuran seperti :

  • Sawi
  • Kobis
  • Kembang kol
  • Eceng Gondok

Sayur-sayuran itu diberikan bertujuan agar ayam brahma selalu dalam keadaan sehat serta terhindar dari penyakit. Kandungan protein yang tinggi dalam sayuran sangat berguna untuk pertumbuhan tubuh ayam brahma agar dapat mencapai berat yang maksimal.

Cara beternak ayam brahma, pola pemberian pakan pada anakan ayam brahma akan lebih baik diberikan voer. Voer tersebut dicampur dengan irisan sayuran seperti bayam, kangkung, kol, dan jenis sayuran lainnya yang kaya akan potein yang tinggi. Sebab hal itu dapat membantu pertumbuhan pada ayam tersebut.

Pada usia perkembangan sendiri akan lebih baik jika pemberian pakan yang diberikan mengandung konsentrat. Kemudian untuk ayam dewasa lebih banyak diberi makanan yang memicu telur serta keindahan pada tubuh ayam brahma.

Produktifitas Telur Ayam Brahma

Jika dilihat dari perkembangannya bisa dibilang sangat baik dengan tingkat daya tetas telur ayam brahma cukup baik. Ayam ini mampu bertelur 15-18 butir pada satu periode bertelurnya. Saat ini pemeliharaan ayam brahma dari tahun ketahun mengalami peningkatan.

Pada dasarnya ayam brahma merupakan salah satu jenis ayam yang jinak dan mampu bersahabat dengan pemiliknya. Ayam brahma juga menyukai cuaca yang dingin yang dapat mendukung pertumbuhan pada bulu kakinya. Maka tak heran jika ayam brahma yang hidup pada suhu yang dingin akan memiliki bulu yang lebih tebal.

Selain itu, ayam jenis brahma ini dapat diperlihara dengan mudah. Jenis ayam ini mampu dipelihara dikandangkan maupun dilepaskan di alam terbuka.

Namun saran dari kami, akan lebih baik jika ayam brahma yang dikandangkan, kandang ayam brahma yang disediakan harus leluasa. Karena jika terlalu kecil, hal itu dapat mengganggu perkembangannya.

Berikut merupakan Daftar Harga Ayam Brahma

  • Brahma usia 1 bulan Rp 1.800.000/ pasang
  • Brahma usia 2 bulan Rp 2500000/ pasang
  • Brahma usia 3 bulan Rp 3.000.000/ pasang
  • Brahma usia 4 bulan Rp 3.500.000/ pasang
  • Brahma Indukan Rp 10.000.000/ pasang

Demikianlah ulasan mengenai Karakteristik dan Jenis-Jenis Ayam Brahma Asal India . Berhasil dihimpun tim Bandar Sabung Ayam Online beserta tim Sukabet77 sebagai Agen S128 dan SV388. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan para botoh dan pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *