Cara Mudah Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok Aduan

Cara Mudah Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok Aduan

Sabung Ayam Deposit Pulsa – Sebagian dari pada botoh sabung ayam sering mengeluh akan satu penyakit ini. Penyakit tersebut adalah berak kapur atau sering disebut dengan berak putih. Dalam dunia medis penyakit ini dinamai Bacilary White Diarhrhea atau penyakit yang ditandai dengan fases atau berak berwarrna putih seperti kapur. Jenis penyakit ini biasanya tidak hanya menyerang ayam saja, melainkan segala jenis unggas bisa terserang oleh penyakit ini.

Namun pada pokok pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengobati penyakit berak kapur pada ayam bangkok aduan. Meski ditujukan untuk ayam bangkok, pengobatan ini juga bisa diterapkan untuk jenis unggas lainnya seperti bebek, angsa, dan lain-lain.

Berdasarkan fakta yang kita temui, penyakit ini tergolong kedalam penyakit berbahaya. Sebab jika sudah parah dapat mengakibatkan kematian pada ayam bangkok tersebut. Dan yang lebih mengejutkannya lagi bahwa jika anak ayam terkena penyakit ini maka kemungkinan untuk bisa selamat hanya 30% saja.

Hal ini tentunya menjadi hal yang menakutkan bagi kita pemilik ayam aduan. Diamana ayam yang kita rawat dan dipelihara tentunya bukan sembarang ayam. Apalagi jika ayam yang kita rawat didapatkan dengan harga yang tinggi dan pastinya ini menjadi hal yang menakutkan.

Faktor Penyebab Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, penyakit ini merupakan penyakit dimana berak ayam kita akan seperti kapur yang memutih. Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Samonella Pullorun dan bakteri Gram yang akan merusak saluran pencernaan ayam bangkok.

Sebelum ayam kita terserang penyakit ini, alangkah baiknya kita melakukan pencegahan sejak dini dengan cara menjaga kebersihan kandang serta peralatan makan dan minum agar bakteri-bakteri tadi tidak menular ke ayam kita.

Dalam membersihkan kandang dan peralatan makan dan minum ayam kita bisa gunakan antiseptik untuk membunuh jamur dan bakteri yang mungkin bersarang di sekitaran kandang ayam milik kita. Selain itu, memberi pakan yang bergizi dan melakukan penyuntikan antibiotik dengan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam dari serangan berbagai macam penyakit, khususnya berak putih ini.

Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok

Jika ayam sudah terjangkit penyakit ini sebaiknya ayam dipisahkan supaya tidak menular ke ayam lainya. Setelah itu, kita dapat melakukan tindakan pengobatan sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita. Nah, lantas bagaimana cara mengobati penyakit berak kapur pada ayam aduan ini?. Silahkan simak dengan baik penjelasan kami berikut ini.

Bawang Putih

Cara pertama untuk mengobati penyakit ini adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih ini juga bisa diberikan pada ayam yang masih sehat guna mencegah terjangkit penyakit berak kapur ini. Untuk cara pemberiannya cukup mudah yakni siapkan bawang putih secukupnya lalu bersihkan. Setelah itu iris tipis-tipsi dan kemudian dibertikan pada ayam saat pagi dan sore hari.

Antibiotik

Cara kedua yang bisa kita lakukan yakni menyuntikan antibiotik seperti coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas sesuai dengan aturan pakai atau dosis pada kemasan. Antibiotik ini disuntikkan pada bagian dada atau sayap ayam.

Namun jika kondisi ayam sudah terlalu parah, sebaiknya ayam dimusnahkan dengan cara membakar ayam tersebut. Tujuannya adalah agar bakteri penyebab penyakit ini tidak menyebar dan menulari ayam lainnya. Setelah itu, bersihkan kandang dan peralatan secara total dengan menyemprotkan antiseptik pada seluruh bagian kandang.

Nah mungkin itulah ulasan mengenai Cara Mudah Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok Aduan. Berhasil kami tim Bandar Sabung ayam Online himpun beserta tim Sukabet77.net sebagai salah satu Agen S128 dan SV388 terpercaya di Indonesia. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan anda semua. Agen sbobet Deposit Pulsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *