Beberapa Tahapan Merawat Ayam Aduan Hingga Siap Bertarung

Beberapa Tahapan Merawat Ayam Aduan Hingga Siap Bertarung
Beberapa Tahapan Merawat Ayam Aduan Hingga Siap Bertarung

Sabung  Ayam Online Tahapan Merawat Ayam Aduan Hingga Siap Bertarung. Dalam mempersiapkan ayam aduan agar dapat tampil prima saat bertarung, kita sebagai pemilik ayam wajib memberikan perawan yang baik dan tepat. Perawatan yang dimaksud adalah yakni dengan memberikan perlakuan khusus yang mana perawatan ini sedikit berbeda untuk ayam yang belum siap bertarung.

Ada pepatah mengatakan bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Pepatah tersebut juga berlaku untuk ayam aduan, persiapan yang baik sebelum ayam siap bertarung, sangat menentukan hasil kemenangan ayam aduan tersebut pada saat bertarung nanti. Yang tentunya dalam persiapan tersebut ada beberapa tahapan merawat ayam aduan nya .

Kita semua tahu bahwa ayam bangkok merupakan salah satu ayam aduan yang memiliki banyak sekali peminat.Mulai dari golongan pemuda bahkan orang tua sekalipun. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh ayam bangkok ini, karena olahnya yang pandai dalam bertarung, orang sering mengatakannya dengan ayam olah. Hal tersebut terjadi karena olahnya beda dengan ayam kelas local, lebih pandai dan cerdik dalam bertarung.

Kelebihan lainnya adalah ayam ini memiliki bentuk tubuh lebih tegap dan gagah. Bahkan bukan hanya itu, bila mendapatkan perawatan khusus, maka pada bagian tubuh ayam akan tumbuh bulu yang yang cantik dan penuh warna.

Seorang botoh yang berpengalaman tentu memiliki perawatan khusus yang matang sebelum ayam bangkok di abar ke dalam arena adu ayam. Jika hasilnya bagus, nama dari seorang botoh pun akan menjadi terangkat karena keberhasilannya.

Tahapan Cara Merawat Ayam Aduan Hingga Siap Bertarung

  • Menjaga Ayam Aduan Dari Kelelahan

Agar mencapai stamina ayam aduan yang sempurna, sebaiknya ayam di istirahatkan. Jangan sampai ayam aduan kelelahan yang diakibatkan ayam lari-lari dalam kurungan dan bisa juga ayam aduan dipegang-pegang atau di elus-elus. Kedua hal tersebut dapat membuat ayam pegal-pegal dan kecapean. Keempat cara untuk merawat ayam aduan tersebut diatas merupakan kesatuan dalam rangka persiapan ayam dalam bertarung.

  • Memperhatikan Kondisi Ayam Aduan

Ayam aduan yang akan bertarung dalam waktu kurang dari seminggu harus diistirahatkan total, namun sebelum ayam beristirahat total, ayam harus digebrak dulu antara 1 sampai 2 menit dengan tujuan agar ayam aduan tidak mengalami kakuan otot. Namun ingat jangan sampai dalam gebrakan tersebut ayam sampai pukul lawan. Maka untuk lebih amannya sebaiknya pakai untulan yang dibungkus patuknya untuk menghindari ayam yang dipersiapkan.

  • Menyediakan Pakan Ayam

Dalam bertarung, ayam aduan pastinya akan sangat banyak menguras tenaga maka dari itu ayam membutuhkan stamina tingkat tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ayam aduan hendaknya diberi makan dengan makanan yang mengandung banyak protein. Untuk jenis makanan tersebut dapat berupa telur bebek maupun daging kambing. Namuan kalau bisa saya menyarankan untuk daging kambing.

  • Memandikan Ayam Aduan dengan Rutin

Memandikan ayam sangat perlu dilakukan supaya ayam memperoleh penampilan yang menarik. Memandikan ayam harus dilakukan setiap hari juga jangan asal-asalan ketika memandikannya. Sebab ayam yang memiliki penampilan yng bersih dan menarik akan mempengaruhi performa ayam ketika bertarung.

Dalam memandikan ayam bangkok ini juga ada waktu-waktu yang baiknya. Waktu tersebut sekitar pukul 08.00 pagi, namun lihat dulu, kalau hujan jangan dilakukan. Selain itu dalam memandikanya pun ada tahapan cara-caranya.

Namun sebelumnya dalam memandikan ayam bangkok harus menggunakan air yang bersih dari sumur, tidak menggunakan sabung, tidak menggunakan air hangat sebab biasanya air hangat justru akan merusak jaringan pertumbuhan bulu pada ayam aduan.

  • Menjemur Ayam Aduan

Penjemuran yang baik dilakukan selama 10 hari. Setelah 10 hari waktu ayam dijemur, ditambah lagi 2 jam setiap jam 8 hingga jam 11 siang. Penjemuran ini bertujuan untuk melatih pernafasan ayam tersebut.

Selain itu, cara tahapan merawat ayam aduan dengan metode penjemuran ini dilakukan untuk membakar lemak pada tubuh ayam dan meningkatkan daya tahan pernafasan saat bertarung.

  • Latihan Fisik

Tujuan dari dilakukan latihan fisik ayam ini yakni untuk membentuk otot serta melatih pernafasan ayam aduan. Latihan fisik dilakukan hanya sesuai dengan kebutuhan saja seperti latihan renang, kilter, melompat, dan lain sebagainya.

Lagi-lagi dalam latihan ini jiga harus disesuaikan dengan kesanggupan ayam dalam melakukannya. Sebab, latihan yang berlebihan tidak akan membuat ayam menjadi bagus malah kemungkinan bisa merusak ayam.

  • Abar Ayam (sparing)

Dan Tahapan Merawat Ayam Aduan yang terakhir ini adalah abar ayam atau sparing. Abar atau abar merupakan latihan bertarung yang dilakukan dengan ayam lain agar teknik dan mental ayam muda bisa terbentuk serta bisa menjadi ayam yang juara.

Bila ayam muda baru merasakan abar pertama kalinya, maka sebaiknya latihan dilakukan cukup dengan durasi 5 hingga 10 menit saja. Lalu ayam diistirahatkan selama kurang lebih 2 minggu serta tetap melakukan perawatan seperti memandikan, menjemur, serta latihan.

Selama masa ini, kita harus benar benar memperhatikan perkembangan dan kesiapan ayam tersebut. Sebab pada tahap selanjutnya mungkin ayam akan diberikan jenis perawatan yang berbeda lagi. Namun jika dirasa ada yang kurang pada tahap  ini, maka dapat diberikan pada tahap selanjutnya. Dengan menerapkan perawatan seperti di atas dengan benar, maka ayam aduan yang akan kita lagakan nantinya.

Simak juga : Langkah Tepat Mengobati Mata Ayam Bangkok Aduan Berair dan Berbusa

Nah mungkin itu saja uraian tentang Beberapa Tahapan Merawat Ayam Aduan Hingga Siap Bertarung. Berhasil kami tim Bandar Sabung ayam Online himpun beserta tim Sukabet77.net sebagai salah satu Agen S128 dan SV388 terpercaya di Indonesia. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *